9 Cara Membuat Waktu Berkualitas Bersama Keluarga

9 Cara Membuat Waktu Berkualitas Bersama Keluarga

9 Cara Membuat Waktu Berkualitas Bersama Keluarga – Perjuangan untuk menyeimbangkan waktu keluarga dengan komitmen dan kegiatan di luar adalah salah satu aspek pengasuhan yang paling menantang, terutama seiring bertambahnya usia anak-anak Anda. Anda ingin menghabiskan waktu sebagai sebuah keluarga sehingga Anda dapat menjalin hubungan yang aman, tetapi terkadang mencoba mengukir waktu keluarga lebih sulit dari yang diharapkan dengan semua komitmen pekerjaan Anda dan aktivitas anak-anak Anda.

9 Cara Membuat Waktu Berkualitas Bersama Keluarga

Jika pengulangan malam Anda adalah betapa lelahnya Anda dan anak-anak, mungkin keluarga Anda sedang berjuang untuk menyeimbangkan pekerjaan, sekolah, dan aktivitas semua orang. Berikut adalah beberapa tip cepat untuk mengatur jadwal keluarga Anda sambil menciptakan waktu berkualitas bersama sebagai sebuah keluarga.

Tetapkan Waktu Keluarga Reguler

Apakah Anda menyisihkan satu sore atau malam dalam seminggu, menetapkan waktu keluarga dapat menciptakan kenangan yang bertahan seumur hidup. Baik itu malam nonton film, malam take-out, malam permainan, atau bahkan bersepeda keluarga setiap minggu, kuncinya adalah setidaknya sekali seminggu Anda memiliki waktu yang ditentukan untuk kebersamaan.

Luangkan waktu untuk bersantai dan berbicara satu sama lain. Anda mungkin terkejut dengan hal-hal yang Anda pelajari tentang anak-anak Anda di malam spesial Anda atau bagaimana Anda terhubung sebagai sebuah keluarga. Berikut adalah beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan selama waktu keluarga yang ditentukan:

  • Menghadiri acara komunitas: Baik Anda menghadiri konser di taman atau menghadiri festival lokal, menghabiskan waktu bersama di luar rumah bisa menjadi cara yang bagus untuk menikmati waktu bersama.
  • Jadikan hari-hari hujan atau hari-hari bersalju menjadi istimewa: Tidak sering acara-acara diguyur hujan atau sekolah dibatalkan karena salju, tetapi ketika itu benar-benar terjadi, manfaatkan waktu yang tidak terduga bersama-sama. Rencanakan kegiatan di hari hujan, buatlah manusia salju, habiskan hari di PJ, makan makanan ringan dan menonton acara favorit Anda, membuat kue, membuat s’more dalam ruangan, atau mengerjakan teka-teki bersama. Kuncinya adalah Anda menghabiskan waktu bersama sebagai sebuah keluarga.
  • Prioritaskan waktu makan: Baik itu sarapan atau makan malam, cobalah untuk memprioritaskan makan bersama sebagai sebuah keluarga. Ketika jadwal menjadi sibuk dan anak-anak bertambah tua, ini menjadi lebih banyak tantangan, tetapi penelitian secara konsisten menunjukkan bahwa makan bersama memiliki dampak positif pada anak-anak. 1 Bahkan jika Anda hanya bisa makan malam bersama sekali atau dua kali seminggu, itu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Biarkan Anak Anda Memilih Aktivitasnya

Terlalu banyak orang tua yang bermaksud baik mendaftarkan anak-anak mereka untuk kegiatan yang benar-benar tidak mereka minati atau kuasai dan kemudian menghadapi konflik dan perebutan kekuasaan. Ini tidak hanya kontraproduktif, tetapi mendaftarkan anak-anak untuk kegiatan hanya demi itu dapat memakan waktu keluarga yang potensial.

Tentu saja, itu masalah lain jika anak Anda terus-menerus memohon untuk mendaftar kegiatan dan kemudian ingin berhenti. Pastikan anak Anda benar-benar tertarik dengan aktivitas tersebut sebelum berkomitmen untuk itu.

Juga, perlu diingat bahwa bahkan pada usia muda anak-anak mengembangkan minat dan impian tertentu yang ingin mereka kejar. Kemungkinan besar itu tidak akan menjadi mimpi yang sama dengan yang Anda miliki untuk mereka. Berhati-hatilah untuk memilih pertempuran Anda dan mengakomodasi permintaan aktivitas jika memungkinkan.

Tentukan Minat Anak Anda

Jika anak Anda mengatakan suatu kegiatan “mungkin” menyenangkan, hindari berkomitmen untuk satu musim atau satu tahun penuh. Tidak hanya itu dapat menimbulkan masalah bagi anak Anda jika mereka tidak menyukainya, tetapi juga akan melanggar anak-anak lain yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Banyak tim mengandalkan sejumlah pemain atau anak-anak untuk membentuk grup, dan penarikan di menit terakhir dapat berdampak pada semua orang. Jika Anda tidak yakin, pertimbangkan untuk mendaftarkan anak Anda ke perkemahan mini, sesi selama seminggu, atau periode waktu yang lebih singkat. Jika anak Anda menyukainya, maka Anda selalu dapat mencari sesuatu yang lebih di masa depan.

Tanda-tanda Terlalu Berlebihan

Perhatikan tanda-tanda bahwa anak Anda terlalu banyak jadwal. Jika nilai anak Anda mulai anjlok atau Anda mendapatkan catatan yang mengatakan bahwa mereka sering tertidur setelah jam makan siang di tengah hari, Anda mungkin meminta terlalu banyak dari mereka. Ingatlah usia, kepribadian, dan keterampilan organisasi anak Anda sebelum melakukan suatu kegiatan. Beberapa anak dapat berhasil mengelola banyak komitmen sementara yang lain akan kewalahan.

Pertimbangkan Komitmen Waktu

Mengatakan ya untuk terlalu banyak ekstra bisa memakan waktu keluarga yang berharga. Apakah Anda terlibat dalam beberapa proyek sukarela atau anak Anda berpartisipasi dalam olahraga kompetitif atau memainkan alat musik, latihan tambahan dan persyaratan waktu mungkin diperlukan.

Anda harus memutuskan apakah komitmen waktu ini sepadan. Keluarga yang terdesak waktu mungkin lebih suka mendaftarkan anak-anak ke liga rekreasi daripada musim tertentu, atau mereka mungkin mempertimbangkan untuk menolak permintaan sukarela yang membuat mereka terlalu kurus.

Kuncinya adalah mencoba memastikan Anda masih memiliki waktu senggang sebagai sebuah keluarga.

Tentu saja, banyak ikatan keluarga dapat terjadi ketika anak-anak bermain di tim perjalanan jika Anda memanfaatkan perjalanan Anda sebaik-baiknya dan merencanakan waktu bersama sebagai sebuah keluarga juga. Pastikan Anda memiliki niat untuk menghabiskan waktu bersama, meskipun hanya berbagi makanan dalam perjalanan pulang.

Bagikan Pekerjaan Rumah Tangga

Jika setiap orang dalam keluarga berpartisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler atau memiliki komitmen di luar, maka pekerjaan rumah tangga umum mungkin lebih sulit untuk diselesaikan. Adakan pertemuan keluarga dan jelaskan bagaimana setiap orang akan membantu menyelesaikan tugas keluarga. Tidak adil jika semua tanggung jawab rumah tangga harus dipikul oleh satu orang. Plus, itu membuat lebih sulit untuk memprioritaskan waktu keluarga.

Jika Anda menetapkan harapan di awal, gerutuan apa pun akan diminimalkan. Bahkan anak kecil pun bisa membantu mengatur meja, membersihkan piring, atau membawa tong sampah ke pinggir jalan. 4 Anda juga dapat mencari cara untuk memaksimalkan waktu keluarga Anda saat menyelesaikan tugas. Berikut adalah beberapa cara untuk memaksimalkan upaya Anda:

  • Bagi tugas menjadi tugas-tugas yang lebih kecil : Alih-alih mencoba membersihkan seluruh rumah dalam satu hari, coba tentukan satu hari untuk setiap tugas 15-20 menit dan tugaskan kepada seseorang dalam keluarga. Mungkin Anda akan membersihkan debu pada hari Senin, mengepel pada hari Selasa, menyedot debu pada hari Rabu, membersihkan toilet pada hari Kamis, dan seterusnya.
  • Selesaikan tugas sebagai keluarga : Jika salju perlu disekop, dedaunan perlu disapu, atau garasi perlu dibersihkan, cobalah luangkan waktu untuk melakukan hal-hal ini sebagai sebuah keluarga. Bekerja sama membangun kerja tim dan pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat. Plus, pasti ada beberapa tawa di sepanjang jalan. Meskipun pada awalnya mungkin tidak terdengar menyenangkan, cara Anda mendekatinya dapat membuat semua perbedaan.
  • Buat sistem untuk menyelesaikan tugas-tugas besar : Tidak realistis untuk mencoba menyelesaikan 10 beban cucian pada hari Sabtu, terutama jika Anda ingin menghabiskan waktu bersama sebagai keluarga atau salah satu anak Anda bermain. Anda dapat mencoba mencuci pakaian setiap hari dan melipatnya bersama sebagai sebuah keluarga sambil menonton acara televisi favorit setelah makan malam.
  • Putuskan apa yang dapat Anda lepaskan : Ada saat-saat ketika melepaskan beberapa pekerjaan dapat diterima, terutama jika Anda memilih untuk menghabiskan waktu sebagai keluarga. Ini mungkin berarti melewatkan membersihkan debu dan memainkan permainan papan sebagai gantinya. Kuncinya adalah Anda tidak membiarkan daftar panjang tugas menghambat Anda. Carilah cara untuk meringankan beban dan memprioritaskan keluarga Anda.

Mendorong Saling Mendukung

Ketika jadwal memungkinkan, dorong anak-anak Anda untuk datang dan menyemangati saudara mereka setiap ada kesempatan. Baik mereka berolahraga, berpartisipasi dalam seni, atau terlibat dalam tim teknologi, penting bagi seluruh keluarga untuk saling mendukung. Tentu saja, dukungan ini tidak boleh datang dengan mengorbankan kegiatan atau komitmen mereka sendiri, tetapi harus menjadi kejadian rutin ketika jadwal mereka memungkinkan.

Ada sesuatu yang sangat berarti bagi seorang anak ketika seluruh keluarga mereka ada di sana untuk mendukung dan menyemangati mereka. Pastikan Anda menciptakan peluang untuk jenis dorongan dan dukungan keluarga ini sesering mungkin.

Jadwalkan Waktu Henti Keluarga

Baik Anda merencanakan liburan keluarga, meluangkan waktu satu hari dalam sebulan untuk menjelajahi daerah terdekat, atau mengatur hari bebas teknologi untuk seluruh keluarga, penting bagi setiap anggota keluarga untuk memiliki kesempatan rutin untuk melakukan dekompresi dan terhubung kembali. Sama seperti orang dewasa, anak-anak tidak luput dari merasakan tekanan hidup.

Mereka mengalami stres, frustrasi, kebingungan, kemarahan, dan kelelahan seperti Anda. Untuk alasan ini, penting untuk menjadwalkan kegiatan santai atau waktu senggang di mana mereka dapat bersantai dan melepaskan hal-hal yang mengganggu mereka.

Liburan juga merupakan cara yang bagus untuk melepas lelah sambil menghabiskan waktu berkualitas bersama.

Liburan dapat membantu memisahkan anggota keluarga dari rutinitas normal sambil mengekspos mereka ke area, makanan, dan aktivitas baru. Ada juga sejumlah manfaat kesehatan untuk mengambil liburan keluarga. Liburan keluarga dapat mengurangi tingkat stres dan membantu semua orang rileks; dan jika Anda mendaki gunung, berenang, dan melakukan latihan aerobik lainnya, jantung dan paru-paru keluarga Anda juga akan mendapat manfaat.

Bantuan Dengan Tugas Sekolah

Ketika anak-anak masih kecil, ada banyak kesempatan untuk melatih ejaan kata, fakta matematika, dan tugas membaca. Tetapi bahkan ketika anak-anak bertambah besar, masih ada hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu. Alih-alih bersaing dengan tugas sekolah untuk waktu keluarga, mengapa tidak datang bersama mereka dan membantu mereka jika diperlukan?

Bantu mereka belajar untuk ujian dengan menanyai mereka tentang materi. Atau, jika anak Anda sedang mengerjakan makalah penelitian, duduklah bersama mereka dan bantu mereka menemukan sumber terpercaya. Tentu saja, Anda tidak boleh mengerjakan tugas sekolah untuk mereka, tetapi membantu mereka dan berbicara dengan mereka tentang apa yang mereka pikirkan adalah cara yang bagus untuk menjalin ikatan.

Mulai Hobi atau Proyek Bersama

Apakah Anda membaca buku sebagai sebuah keluarga, membangun sangkar burung, mengumpulkan sesuatu, atau berkomitmen untuk mengunjungi semua ibukota negara bagian, bekerja menuju tujuan bersama atau memiliki proyek keluarga dapat membuka pintu ke waktu keluarga yang berkualitas.

Bahkan berkomitmen untuk menjadi sukarelawan sebulan sekali di pantry makanan lokal adalah cara yang bagus untuk menghabiskan waktu bersama sebagai sebuah keluarga.

Anda tidak hanya mengajari anak-anak Anda tentang pentingnya memberi kembali kepada masyarakat, tetapi Anda juga menghabiskan waktu bersama untuk melakukan sesuatu yang berarti dan bermanfaat. Lagi pula, tidak ada yang menanamkan kebaikan , memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan rasa syukur lebih dari membantu mereka yang kurang beruntung.

Utamakan Keluarga

Memprioritaskan keluarga di atas kewajiban lain adalah elemen penting untuk menemukan waktu berkualitas bersama sebagai sebuah keluarga. Ini mungkin berarti menetapkan batasan kerja dan mengambil waktu dari teknologi. Tetapi, melindungi waktu keluarga Anda akan membantu menjaga prioritas Anda tetap lurus dan akan memastikan keluarga yang lebih bahagia dan dapat menyesuaikan diri dengan lebih baik.

Untuk mengembangkan hubungan yang dalam dan bermakna dengan anak-anak Anda, Anda perlu menginvestasikan waktu di dalamnya. Bahkan hanya berkomitmen untuk berada di rumah untuk makan malam keluarga beberapa malam dalam seminggu atau berjalan kaki 30 menit hampir setiap malam bersama dapat membuat dampak yang signifikan pada hubungan keluarga dalam jangka panjang.

Komitmen waktu tidak harus besar, tetapi harus konsisten. Memprioritaskan keluarga pada liburan dan liburan saja tidak cukup. Hubungan Anda hanya akan muncul di permukaan. Anda membutuhkan waktu yang teratur bersama untuk mengembangkan ikatan yang dalam.

9 Cara Membuat Waktu Berkualitas Bersama Keluarga

Sebuah Kata Dari Sangat Baik

Ikatan yang Anda buat dengan anak-anak Anda sebelum mereka meninggalkan sarang dapat bertahan seumur hidup. Kunci untuk mengembangkan ikatan itu, bagaimanapun, adalah menghabiskan waktu berkualitas secara konsisten bersama. Apakah itu bermain permainan papan setiap malam setelah makan malam, makan malam pizza secara teratur, atau menjadi sukarelawan untuk membersihkan taman, kuncinya adalah Anda membangun hubungan satu sama lain melalui pengalaman positif.

Seiring bertambahnya usia anak-anak Anda, libatkan mereka dalam pengambilan keputusan dan biarkan mereka memilih kegiatan dari waktu ke waktu. Jika Anda berinvestasi dan melindungi waktu Anda bersama sebagai sebuah keluarga, Anda akan membangun fondasi momen dan kenangan bermakna yang akan membuat Anda tetap terhubung dengan anak-anak Anda saat mereka memasuki kehidupan dewasa mereka.