Bagaimana Tradisi Keluarga Membentuk Ikatan Yang Lebih Kuat

Bagaimana Tradisi Keluarga Membentuk Ikatan Yang Lebih Kuat

Bagaimana Tradisi Keluarga Membentuk Ikatan Yang Lebih Kuat – Tradisi keluarga adalah pengalaman atau kegiatan yang diturunkan antar generasi. Tradisi-tradisi ini bisa sama unik dan istimewanya dengan keluarga itu sendiri. Selain menjadi sesuatu yang dinanti-nantikan, tradisi juga membangun landasan bagi nilai-nilai keluarga dan berfungsi sebagai pengalaman ikatan khusus.

Bagaimana Tradisi Keluarga Membentuk Ikatan Yang Lebih Kuat

Tradisi dapat memberi keluarga rasa identitas dan rasa memiliki. Mereka dapat mengilhami perasaan dan kenangan positif yang dapat dibagikan oleh anggota keluarga. Tradisi keluarga juga memberikan rasa kontinuitas lintas generasi. Mereka adalah cara mentransfer nilai-nilai keluarga, sejarah, dan budaya dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Rutinitas Keluarga vs. Tradisi

Tradisi keluarga berbeda dari rutinitas keluarga sehari-hari, yang juga terjadi berulang kali, tetapi tidak memiliki makna simbolis yang dipegang oleh ritual keluarga. Sementara tradisi keluarga membawa arti khusus bagi semua anggota keluarga yang terlibat, rutinitas keluarga sering kali merupakan kegiatan dasar yang diperlukan untuk menjaga agar unit keluarga tetap berfungsi.

Makan malam keluarga pada Jumat malam mungkin menjadi bagian dari rutinitas keluarga, misalnya, sedangkan makan malam keluarga di restoran favorit untuk ulang tahun Ibu mungkin sudah menjadi tradisi.

Banyak keluarga memiliki tradisi yang bertahan selama beberapa generasi. Kegiatan atau acara khusus ini sering kali menghasilkan kenangan indah yang dihargai dan diusahakan semua orang untuk diteruskan. Beberapa tradisi berhubungan dengan warisan keluarga, seperti pergi ke festival budaya atau memasak makanan dari “negara tua” pada hari tertentu setiap tahun.

Lainnya mungkin ada hubungannya dengan acara khusus, seperti kalung mutiara yang diturunkan pada setiap pernikahan. Yang lain lagi hanyalah kegiatan menyenangkan yang dinikmati anggota keluarga untuk diulang.

Misalnya, keluarga yang penuh dengan penggemar bisbol mungkin menjadikan tradisi untuk pergi ke stadion pada hari pembukaan. Tradisi ini mungkin dimulai dari kakek buyut dan terus melibatkan anggota keluarga termuda, menjadi sesuatu yang mereka nantikan setiap tahun.

Mengapa Tradisi Itu Penting

Orang-orang menciptakan dan memelihara tradisi keluarga karena mereka membawa makna pada perayaan dan menumbuhkan ikatan khusus. Lebih penting lagi, tradisi menciptakan pengalaman dan kenangan positif bagi semua orang dengan memelihara hubungan keluarga dan memberi mereka rasa memiliki.

Tradisi keluarga juga membantu anak-anak memahami siapa mereka dan apa yang penting bagi keluarga tempat mereka berasal. Tradisi menciptakan hubungan bagi anak-anak yang berasal dari perasaan bahwa mereka adalah bagian dari sesuatu yang unik dan luar biasa. Tradisi keluarga bahkan dapat berkontribusi pada harga diri anak dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Bagaimanapun, anak-anak menemukan kenyamanan dan keamanan ketika segala sesuatunya dapat diprediksi dan konsisten.

Manfaat Tradisi Keluarga

  • Buat kenangan untuk keluarga yang bertahan seumur hidup
  • Berikan anak rasa aman dengan memberikan kontinuitas
  • Berikan anggota keluarga rasa memiliki yang kuat
  • Membantu meneruskan nilai-nilai keluarga termasuk warisan budaya dan agama
  • Jaga agar generasi tetap terhubung dan beri mereka sejarah keluarga untuk dibagikan

Bagaimana Melestarikan Tradisi

Membangun dan memelihara tradisi keluarga adalah cara bagi keluarga untuk mengikat pengalaman bersama—cara bagi mereka untuk terhubung satu sama lain dan dengan masa lalu mereka. Tetapi mempertahankan tradisi keluarga membutuhkan komitmen dan perencanaan. Sementara kebanyakan orang menantikan stabilitas dan prediktabilitas yang datang dengan mengulangi kegiatan yang sama setiap tahun, itu juga bisa menakutkan jika tradisi keluarga sangat terlibat, terlalu mahal, atau memerlukan banyak perencanaan.

Saat Anda membuat tradisi keluarga Anda sendiri, cobalah untuk membuatnya tetap sederhana. Pikirkan tentang bermain game, berbagi resep khusus, pergi mendaki, melihat pertunjukan, dan sebagainya. Tradisi-tradisi yang lebih sederhana ini lebih mungkin untuk diulang dan diteruskan. Demikian juga, tradisi Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang. Ada banyak cara bagi keluarga untuk menjalin ikatan tanpa mengeluarkan uang.

Saat membuat tradisi keluarga baru untuk keluarga Anda, penting juga untuk terbuka untuk mencoba berbagai hal dan kemudian menghapusnya jika tidak berhasil. Jika Anda menjadwalkan kunjungan untuk melihat tampilan lampu di kebun binatang berpikir itu bisa menjadi tradisi yang menyenangkan, tetapi ternyata menjadi pengalaman yang menyedihkan (misalnya, karena cuaca tidak mendukung atau alergi anak Anda muncul), tidak apa-apa untuk membuang ide dan melakukan sesuatu yang lain tahun depan.

Anda tidak ingin mengulangi suatu aktivitas berulang-ulang hanya karena kedengarannya bagus. Tujuan dari tradisi keluarga adalah agar setiap orang bersenang-senang dan berharap untuk mengulanginya tahun demi tahun.

Cara Membuat Tradisi

Ketika kebanyakan orang memikirkan tradisi keluarga, mereka secara alami memikirkan tradisi liburan terlebih dahulu, seperti yang mengelilingi Kwanzaa, Natal, Hanukkah, atau Ramadhan. Acara seputar liburan ini, seperti memetik pohon Natal, menyalakan lilin di menorah atau kinara, dan berkumpul untuk makan malam bersama keluarga besar bisa menjadi tradisi biasa.

Tetapi keluarga juga dapat memiliki ritual non-liburan yang unik bagi mereka. Memetik apel setiap musim gugur atau menyewa rumah liburan setiap musim panas adalah dua contoh yang baik. Beberapa keluarga juga mungkin memiliki tradisi keluarga untuk ulang tahun setiap anggota.

Tradisi keluarga bahkan mungkin biasa saja seperti memanggang kue spesial yang menjadi favorit pribadi si peraya ulang tahun atau pergi makan malam di restoran favoritnya. Mungkin juga sesuatu yang lucu atau lelucon keluarga yang menjadi tradisi di hari ulang tahun semua orang.

Untuk menciptakan tradisi bagi keluarga Anda, pikirkan hal-hal yang disukai keluarga Anda dan bangunlah dari hal-hal itu.

Perlu diingat juga, bahwa tradisi keluarga terkadang hanya terbentuk dengan sendirinya. Beberapa tradisi keluarga terbaik terjadi secara tidak sengaja—Anda melakukan sesuatu secara spontan dan seluruh keluarga menyukainya dan ingin mengulanginya lagi. Sebelum Anda menyadarinya, Anda telah menciptakan tradisi keluarga.

Tradisi yang terbentuk secara tidak sengaja seringkali paling mudah diulang dari tahun ke tahun karena keluarga sangat menantikannya. Tetapi jika Anda sedang mencari ide tentang tradisi keluarga yang dapat Anda masukkan ke dalam kehidupan keluarga Anda, berikut adalah beberapa ide tambahan.

Tradisi Umum

Jika Anda mencari beberapa tradisi non-liburan, ada banyak peluang di luar sana. Berikut adalah beberapa yang dapat Anda sesuaikan untuk keluarga Anda atau gunakan sebagai pakan untuk mengembangkan ide unik Anda sendiri:

  • Relawan setiap musim semi dalam pembersihan komunitas tahunan.
  • Masak hamburger di atas panggangan pada hari Sabtu selama musim panas.
  • Ambil selfie keluarga konyol selama liburan musim panas setiap tahun.
  • Beli makanan untuk dapur makanan lokal sebulan sekali dan kirimkan bersama.
  • Memiliki api unggun untuk merayakan hari terakhir sekolah.
  • Sajikan di dapur umum setempat bersama sebulan sekali.
  • Pergi memetik apel atau mengunjungi kebun labu setiap musim gugur.
  • Miliki makanan tertentu pada hari yang ditentukan setiap minggu, seperti makan siang pada hari Minggu, sarapan untuk makan malam pada hari Jumat, atau taco pada hari Selasa.
  • Buat api dan buat cokelat panas di hari pertama musim dingin.
  • Pergi mendaki sirup maple setiap musim dingin.
  • Mengatur klub buku keluarga.
  • Ikut serta dalam tantangan kebugaran tahunan sebagai sebuah keluarga.
  • Pergi jalan-jalan keluarga atau bersepeda setiap Minggu sore.
  • Saksikan matahari terbit bersama di hari pertama musim panas dan matahari terbenam di hari terakhir liburan musim panas.
  • Rencanakan malam permainan keluarga secara teratur dan mainkan permainan papan bersama.

Pedoman jarak sosial dan tinggal di rumah yang diberlakukan selama pandemi COVID-19 mungkin menyulitkan untuk menghormati beberapa tradisi keluarga, tetapi ini juga menjadi saat yang tepat untuk memulai yang baru. Malam permainan virtual dan kunjungan keluarga Zoom dapat menjadi tradisi yang bertahan baik setelah pandemi berakhir dan memperkuat ikatan Anda dengan keluarga dekat dan jauh.

Tradisi Liburan

Jika Anda ingin menciptakan tradisi liburan musim dingin yang baru, berikut adalah beberapa ide yang akan membuat kreativitas Anda mengalir. Pilih atau sesuaikan ide dari daftar ini atau gunakan untuk menciptakan tradisi liburan unik Anda sendiri.

  • Beri semua orang satu set piyama baru dan ambil foto keluarga dengan PJ yang cocok .
  • Berikan setiap anak permainan papan atau teka – teki dan mainkan permainan atau kumpulkan teka-teki itu bersama sebagai sebuah keluarga.
  • Tonton film musiman setiap Thanksgiving, seperti “Home Alone”, “Die Hard”, “Elf”, atau “The Grinch”.
  • Masak makanan bersama keluarga di hari raya spesial keluarga Anda.
  • Dapatkan cokelat panas dan saksikan upacara penyalaan pohon komunitas.
  • Jelajahi komunitas Anda untuk melihat pajangan lampu di rumah atau bisnis.
  • Selenggarakan pertukaran kue keluarga atau lingkungan.
  • Merakit paket perawatan untuk anggota keluarga yang pergi selama liburan.
  • Tulis surat yang menyentuh hati kepada anggota keluarga yang tidak dapat Anda habiskan bersama selama liburan.
  • Adakan pertukaran hadiah gajah putih.
  • Hadiri pertunjukan liburan atau konser setiap tahun, seperti “Nutcracker”, simfoni lokal, atau Trans Siberian Orchestra.
  • Dapatkan dekorasi baru terkait liburan, seperti hiasan Natal, setiap tahun, atau buat hiasan untuk memperingati tahun lalu.
Bagaimana Tradisi Keluarga Membentuk Ikatan Yang Lebih Kuat

Sebuah Kata Dari Sangat Baik

Tradisi keluarga tidak harus formal, juga tidak membutuhkan biaya. Semua yang diperlukan untuk menciptakan tradisi keluarga baru adalah sesuatu yang berarti bagi keluarga Anda dan sedikit kreativitas. Selain itu, tradisi keluarga tidak harus berputar di sekitar liburan. Anda dapat membuat tradisi keluarga kapan saja sepanjang tahun. Cukup cari cara bagi keluarga Anda untuk menghabiskan waktu bersama melakukan sesuatu yang mereka sukai.